BPK Provsu Serahkan Laporan Hasil Pemeriksaan Semester II ke Bupati Asahan

BPK Provsu Serahkan Laporan Hasil Pemeriksaan Semester II ke Bupati Asahan

topmetro.news – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Provinsi Sumut menyerahkan laporan hasil pemeriksaan semester II kepada Bupati Asahan di Auditorium BPK, pada Rabu (28/12/2022).

Tampak hadir Kepala BPK Provsu dan anggota, Bupati Asahan, Ketua DPRD, Sekda, Asisten III, Kepala Bapenda, Kepala Bappeda. Lalu BPKAD, Inspektorat, Sekretaris DPRD, Kadis Kominfo, Kadis Pertanian dan Kabag Umum.

Kepala BPK perwakilan Provsu, Eydu Oktain Panjaitan menyampaikan kegiatan ini merupakan tindak lanjut UU No 15 tahun 2004. Tentang pemeriksaan dan tanggung Jawab keuangan negara dan UU No 15 tahun 2006 tentang BPK.

“BPK perwakilan Provsu telah melaksanakan pemeriksaan kepatuhan atas pengadaan barang dan jasa pada Pemkab Asahan tahun 2022. Pemeriksaan bertujuan untuk memberikan simpulan apakah persiapan dan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pada Pemkab Asahan telah sesuai dengan peraturan yang berlaku,”  kata Eydu.

Lebih lanjut, Eydu menjelaskan dari hasil pemeriksaan kesimpulannya persiapan dan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa hingga 31 Oktober 2022 telah sesuai peraturan yang berlaku, dalam semua hal yang material. Namun masih terdapat beberapa kelemahan. Untuk itu Pemkab Asahan agar segera menindaklanjuti rekomendasi hasil pemeriksaan BPK selambat-lambatnya 60 hari setelah menerima laporan hasil pemeriksaan.

Bupati Asahan mengucapkan terima kasih atas kinerja BPK perwakilan Provsu. Bupati meminta kepada Sekda dan OPD untuk menindak lanjuti rekomendasi hasil pemeriksaan BPK sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan. Ini menjadi catatan khusus yang harus kita perbaiki  agar tidak terjadi lagi di tahun berikutnya.

Bupati mengucapkan terima kasih kepada OPD yang telah melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan baik-baik. Walaupun masih terdapat beberapa hal yang harus mereka perbaiki. Secara umum saya ucapkan terima kasih kepada seluruh OPD yang telah menjalankan tugas dan fungsinya.

“Saya berharap hal tersebut dapat lebih ditingkatkan lagi di tahun berikutnya. Demi mewujudkan visi misi Pemkab Asahan sejahtera, religius dan berkarakter,”  kata Bupati.

Penulis: EN

Related posts

Leave a Comment